MODUL AJAR 3 INFORMATIKA SMP/MTs FASE D - INFORMATIKA SMP

Selasa, 18 Juli 2023

MODUL AJAR 3 INFORMATIKA SMP/MTs FASE D

 


        A. Informasi Umum
    Kode Modul TIK.D.VII.3
    Penyusun/Tahun Muhammad Rifqi / 2023-2024
    Kelas/Fase Capaian VII/Fase D
    Elemen/Topik Pemahaman SK / Sistem Komputer
    Alokasi Waktu 80 menit (2 Jam Pelajaran)
    Pertemuan Ke 3
    Profil Pelajar Pancasila Bernalar Kritis, Mandiri, dan Kreatif
    Sarana Prasarana LCD, Proyektor, Papan Tulis, dan Komputer
    Target Peserta Didik Regular/tipikal
    Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Project-Based Learning
    Mode Pembelajaran Tatap Muka
B. Komponen Inti

    Tujuan Pembelajaran 

    1. Peserta didik menjelaskan perangkat keras yang digunakan untuk pemrosesan dan penyimpanan data dalam komputer. 

    2. Peserta didik menjelaskan fungsi dan dasar pertimbangan pemilihan perangkat keras pemrosesan dan penyimpanan data. 

    3. Peserta didik menjelaskan fungsi dasar perangkat input dan perangkat output.

    4. Peserta didik menjelaskan jenis-jenis software beserta fungsinya. 

    5. Peserta didik menjelaskan fungsi sistem operasi. 

    6. Peserta didik menyimpulkan kekurangan dan kelebihan berbagai macam sistem operasi. 

    7. Peserta didik membandingkan software yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan pada sistem computer


    Pertanyaan Pemantik 

    1. Jelaskan perbedaan RAM dan ROM. 

    2. Jelaskan fungsi dan cara kerja kartu grafis dan kartu suara


    Persiapan Pembelajaran

    1. Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

    2. Guru menyiapkan bahan tayang video dan PPT materi Sistem Komputer


    Kegiatan Pembelajaran

    1. Pendahuluan (10 menit) 

    1. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

    2. Perwakilan peserta didik memimpin doa.

    3. Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

    4. Guru memberikan apersepsi tentang Sistem Komputer

    5. Guru memberikan gambaran tentang Sistem Komputer dalam kehidupan sehari hari

    6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi sistem komputer


    1. Kegiatan Inti (60 menit)  

    Langkah 1. Orientasi Masalah


    1. Guru bertanya tentang apa saja teknologi yang ada saat ini.

    2. Peserta didik diminta untuk menyebutkan apa saja teknologi canggih yang ada di Sistem Komputer Komputer 

    3. Peserta didik diminta untuk membandingkan hasil penyelesaian masalah yang diberikan guru dengan menggunakan handphone dan komputer.

    4. Peserta didik diminta untuk menarik kesimpulan tentang Sistem Komputer

    5. Guru mendorong peserta didik untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai sumber untuk memahami Sistem Komputer


    Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

    1. Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 3 - 4 orang. 

    2. Peserta didik diminta menyimak video yang ditampilkan guru tentang materi Jaringan Komputer dan Internet


    Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

    1. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

    2. Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

    3. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.


    Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

    1. Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya tentang Jaringan Komputer dan Internet, konsep pendekatan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritme untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan, serta membuat dan menerapkan sebuah perencanaan evaluasi pada solusi yang diajukan.

    2. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

    3. Guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan hasil diskusinya

    4. Kelompok lain diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.




    Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

    1. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

    2. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

    3. Guru memberikan sampel soal dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritme dalam mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran.


    1. Kegiatan Penutup (10 Menit)


    1. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Sistem Komputer, konsep pendekatan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritme untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan, serta membuat dan menerapkan sebuah perencanaan evaluasi pada solusi yang diajukan.

    2. Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Informatika SMP/MTs Kelas VII Jilid 1 dari PT Penerbit Erlangga halaman 90.

    3. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.


    Rencana Asesmen

    Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Uji Pemahaman dari Buku Informatika SMP/MTs Kelas VII Jilid 1 dari PT Penerbit Erlangga halaman 104.


    Pengayaan dan Remedial

    Mengerjakan Soal mengerjakan soal CBT yang ada di QR code halaman 122 - 126


    Refleksi Peserta Didik dan Guru

    Refleksi Peserta Didik

    • Apakah konsep Sistem Komputer ini dapat menolong kamu untuk menyelesaikan persoalan sulit, baik baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan akademik? Jika ya, jelaskan secara sederhana mengapa bisa?

    • Bagaimana cara menerapkan konsep Sistem Komputer untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada? Berikanlah satu contoh studi kasus.

    • Bagaimana cara mengkomunikasikan pengalaman kamu mengenai penerapan konsep Sistem Komputer kepada orang lain secara lisan dan tulisan?

    Refleksi Guru

    • Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

    • Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?



  1. C. Lampiran

  2. Lembar Aktivitas

    Silakan kerjakan Uji Pemahaman dari Buku Informatika Jilid 1 SMP/MTs Kelas VII dari PT Penerbit Erlangga halaman 120.


    Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

    Buku Informatika SMP/MTs Kelas VII Jilid 1 dari PT Penerbit Erlangga halaman 75-126.


      Glosarium

    CD Compact disk, Media penyimpanan bergerak (mobile) yang menggunakan teknologi optik dengan kapasitas penyimpanan mencapai 650 MB.

    Cell Kotak kecil pada lembar kerja yang berfungsi sebagai penghubung antara baris dan kolom. 

    Collaborative marketing Proses untuk menyelaraskan minat, sumber daya, dan kekuatan pemasaran perusahaan dengan perusahaan lain yang sudah memiliki pemikiran yang sama untuk menjangkau pasar yang lebih besar dibandingkan jika melakukannya sendiri. Control Unit Pengontrol kerja komputer untuk mengatur urutan proses-proses sehingga berjalan dengan semestinya.


    Daftar Pustaka

    Pandia, Henry. 2021. Informatika SMP/MTs Kelas VII Jilid 1. Jakarta: PT Penerbit Erlangga